Pengobatan Kanker Prostat

Pengobatan Kanker Prostat  – Pengobatan kanker prostat memang dapat mengganggu kesuburan pria dan bisa menyebabkan impotensi, bisa sementara atau permanen. Pengobatan Kanker Prostat  dengan teknik Pembedahan terapi radiasi, dan kemoterapi dapat menyebabkan kemandulan sementara atau permanen pada pria yang sedang dirawat untuk kanker prostat.

Pengobatan Kanker Prostat

Pengobatan Kanker Prostat

Pengobatan Kanker Prostat

Prosedur medis dapat dilakukan sebelum pengobatan kanker prostat dimulai untuk berjaga-jaga jika kemudian terjadi infertilitas, seperti menyimpan sperma.
Ada juga pilihan dan prosedur medis yang tersedia agar tetap subur setelah pengobatan kanker, misalnya dengan ekstraksi sperma. Bahkan jika pengobatan kanker menyebabkan seorang pria untuk tidak memiliki sperma dalam air mani, dia masih mungkin memiliki sperma sehat dibuah zakarnya. Selama operasi ini, dokter menghilangkan potongan kecil jaringan testis. Sel sperma yang ditemukan di jaringan dapat digunakan dalam prosedur kesuburan atau dibekukan untuk digunakan.

Setelah menerima pengobatan kanker prostat, proses ereksi seperti saat normal mungkin tidak lagi berfungsi dengan tepat. Ketika kerusakan telah terjadi pada vena atau jalur saraf ke penis, ereksi tidak bisa dialami lagi sehingga terjadi impotensi. Impotensi adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi yang memuaskan untuk hubungan seksual. Hal ini terjadi lebih sering pada pasien yang menjalani operasi prostat dan terapi radiasi. Terapi hormon yang tidak menyebabkan impotensi dapat mengubah hasrat seksual dengan menghilangkan testosteron, suatu hormon yang mengontrol seksualitas laki-laki.

Banyak yang dapat dilakukan untuk membantu pria yang memiliki impotensi. Banyak pilihan pengobatan tersedia antara lain : obat untuk impotensi, suntikan penis, perankat vakum ereksi, implan penis, terapi seks dan lain-lain. Bicarakan dengan dokter untuk memustuskan mana yang tepat bagi anda.

Sakit Prostat pada Pria

Untuk kasus gangguan sakit prostat maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan bentuk pengobatan seperti pasien prostat usia tua umumnya memiliki banyak kesulitan, bisa saja di jantung, ginjal, atau organ-organ lain yang sudah menurun fungsinya. Pengobatan yang hingga saat ini dikembangkan adalah terapi minimal invasif seperti TUNA (Trans Urethral Needle Ablation) yang memiliki resiko dan efek samping minimal , efektif, cepat, murah, dan aman. TUNA merupakan pengobatan tanpa operasi yang sudah diakui oleh AUA (American Urologi Asiciation).

Dibandingkan dengan operasi, efek samping seperti mengompol, impotensi, ejakulasi retrograde (air mani yang tdak memancar keluar tapi memancar ke dalam kandung kencing) jauh lebih kecil bahkan hampir tidak ada. Namun tentu saja tidak semua kasus dapat diobati dengan metode TUNA. Melalui saluran kencing dialat kelamin pria, peralatan TUNA memancarkan gelombang radio langsung ke prostat. Energi dan gelombang radio tersebut akan menghancurkan bagian prostat yang membesar agar saluran kencing terbuka kembali, sehingga pancuran kencing kembali normal.
Pengobatan ini berlangsung sekitar 30 menit dan menggunakan bius lokal berupa jeli yang dimasukkan kedalam saluran kecing atau penghilang rasa sakit jika tidak dapat dilakukan pembiusan pada psien akibat penyakit-penyakit berat.

Pria yang rentan terjangkit penyakit ini adalah mereka yang mempunyai faktor gentik pada seputar gangguan prostat, pria dengan usia 60 tahun ke atas dan berkulit hitam. Konsumsi lemak yang berlebihan juga dapat meningkatkan hormon testosteron yang membantu perkembangan sel-sel disekitar prostat.

Pencegahan Sakit Prostat

Ada cara untuk menghindari penyakit ini atau mencegah agar gangguan-gangguan penyakit seputar prostat tidak menjalar ke organ tubuh lain. Berikut tips pencegahan dan Pengobatan Kanker Prostat dari gangguan seputar prostat :

1. Lakukan pemeriksaan dini

Siapa saja yang harus rutin memeriksakan diri? Pria di atas 50 tahun sebaiknya rajin melakukan pemeriksaan pada prostat setahun sekali, sedangkan pria yang rentan terhadap gangguan penyakit prostat sebaiknya rutin melakukan check up setelah berusia 45 tahun.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat menjaga berat bdan tetap stabil dan mencegah kegemukan sehingga dapat menurunkan risiko-risiko dari gangguan penyakit prostat, termasuk kanker prostat.

3. Makanlah sayuran, buah- buahan dan hindari lemak

Makan lemak yang berlebihan memicu risiko terjadinya penyakit kanker karena akan memicu naiknya hormon testosteron yang membantu perkembangan sel-sel penyakit pada prostat. Sebaiknya makan sayur dan buah yang kaya serat sehinga timbunan lemak yang berlebih atau obesitas dapat dicegah.

Hal yang harus Anda ingat jika Anda sedang melakukan cara mencegah sakit prostat adalah dengan menghindari minum setelah gelap. Sebaiknya jangan minum setelah pukul enam atau tujuh malam jika Anda sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Membatasi minum minuman dengan kanduungan kafein karena akan membuat Anda menjadi lebih mudah buang air kecil dan tidak baik untuk kesehatan kandung kemih Anda. Karena membuat seolah-olah sudah penuh namun sebenarnya masih belum.

Untuk menghindari dan mencegah sakit prostat lainnya adalah dengan berendam di air panas. Cegahlah sakit prostat dengan duduk dibak mandi air hangat selama 20 menit dan sekurang-kurangnya dilakukan 1 kali dalam seminggu. Cara ini bisa membantu menurunkan resiko sakit prostat karena kehangatannya akan masuk ke dalam panggul dan bisa meningkatkan aliran darah didalam situ, serta membantu mengurangi terjadinya ketegangan pada otot dan bisa dengan mudah mengurangi terjadinya pembengkakan di dalam prostat.

Itulah informasi mengenai sakit prostat, penyakit kanker prostat dan cara mengatasinya.

Pengobatan Kanker Prostat


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Prostat and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *