Penyakit Prostat Pada Pria

Prostat adalah kelenjar yang hanya  ada pada pria. Besarnya sebiji kenari.  Letak prostat persis dibawah kandung kemih. Kelenjar ini ditembus  oleh pipa saluran kemih yang keluar dari kandung kemih. Di dalam prostat juga bermuara saluran air mani yang terdahulu dari buah zakar. Sebagian besar isi sperma berasal dari getah prostat. Getah prostat merupakan media agar sel benih spermatozoa yang diproduksi buah zakar dan disalurkan dan disalurkan melewati prostat dapat bertahan hidup. Kehidupan prostat dirangsan oleh hormone laki-laki yang diproduksi buah zakar.  Dan biasanya masalah ini merupakan masalah penyakit prostat pada pria.

Penyakit prostat pada pria umumnya mulai membesat setelah pria melewati usia 40 tahun. Hal ini disebabkan oleh semakin menurunnuya hormone laki-laki. Namun taik semua pria diatas umur 40 tahun pasti prostat-nya membesar. Jika sudah sampai membesar, prostat akan  bertambah besar dengan semakin menuanya usia. Pembesaran prostat arah tumbuhnya umumnya ke bagian tengah, sehingga menjepit pipa saluran kemih yang melewatinya. Semakin membesar prostat, semakin menyundul kandung kemih yang berada diatasnya., sehingga  bagian alas kandung kemih terdesak.

Sampai sekarang belum jelas mengapa ada penyakit prostat pada pria yang membesar ada pula pria yang tidak mengalaminya. Tak ada kaitannya dengan urusan seksual.  Bukan lantaran kelebihan atau kekurangan seks, maka prostat terganggu . Diduga mineral seng (Zn) berperan dalam kehidupan prostat. Prostat satu organ tubuh yang banyak kandungan unsur Zn-nya.

Pembesaran penyakit prostat pada pria menganggu aliran kencing. Selain pipa saluran kencing terjepit, alas kandung kemih tersundul, sehingga menjadi tak rata datar lagi.  Akibat jepitan saluran kemih dan tidak ratanya alas kandung kemih, (1) pancaran kencung berkurang dan ukuran penampang kencing  berkurang dan ukuran penampang  kencing mengecil; (2) kencing menjadi lebih sering, sedikit-sedikit  lalu kepingin kencing lagi; (3) sering kencing malam hari ; (4) selalu tidak merasa puas  sehabis selesai kencing ; (5) kemungkinan muncul berdarah.

Tidak semua yang prostatnya membesar menimbulkan gejala. Normal sehabis kencing air seni yang tersisa di kandung kemih tak lebih dari 10 cc saja. Dengan membesarnya prostat, sisa kencing lebih dari itu. Baru jika sisa kencing sudah lebih dari 1.000 cc, pembesaran prostat-nya akan teraba  sewaktu diperiksa colok dubr (rectal toucher). Dengan memasukkan jari ke liang dubur, dokter dapat meraba adanya prostat yang membesar. Namun, adakalanya kendati sisa kencing sudah sebanyak itu, beklum tentu pasiennya mengeluh.

Dokter yang mendengar keluhan kencing pasien akan mencurigai kemungkinan adanya pembesaran prostat. Dengan melakukan pemeriksaan colok dubur, dokter dapat meraba prostat jika benar membesar. Dari sifat kekenyalan prostat yang diraba, dokter memperoleh kesan apakah ini suatu pembesaran prostat, atau kanker prostat. Prostat yang membesar biasanya lembek saja.  Harus dicurigai kanker jika terasa keras.

Untuk memastikannya  dilakukan pemeriksaan peneropongan saluran kemih dengan cystourethroscopy. Dari pemeriksaan ini dokter dapat mengetahui selain besarnya prostat, seberapa besar sumbatan pada pipa saluran kemih.

 


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Prostat and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>