Sakit Prostat Pada Pria

Sakit Prostat Pada Pria – Kelenjar prostat adalah organ tubuh yang tergolong sebagai bagian dari system reproduksi yang hanya ada pada laki-laki. Kelenjar prostat terletak di perut bagian bawah yaitu dibawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kemih. Fungsi prostat adalah memproduksi air mani untuk melarutkan sperma yang dihasilkan oleh testis (yang berada di dalam kantung zakar).  Pada laki-laki usia muda, prostat kira-kira berukuran sedikit lebih besar dari kacang mede (sekitar 4 x 2 cm) dan akan membesar seiring dengan bertambahnya usia.  Sakit prostat pada pria merupakan peradangan pada kelenjar prostat sehingga membengkak dan menimbulkan rasa sakit. Lebih dari 35% pria berumur 50 tahun ke atas menderita secara berulang-ulang.

Sakit Prostat Pada Pria

Sakit Prostat Pada Pria

Sakit Prostat

Sakit prostat pada pria adalah adanya  infeksi oleh bakteri, seperti Escherichia coli, klebsiella, pseudomonas, dan golongan coccus. Semua bakteri tersebut menyebar melalui aliran darah atau bergerak dari uretra, lalu menjalar ke kelenjar prostat. Bisa juga dari arus listrik infeksi kandung kemih yang menginfeksi kelenjar prostat.

Sakit prostat pada pria akut menunjukkan gejala demam, kedinginan, sakit pinggang, rasa bengkak di panggal paha, selalu dan sering buang air kemih, proses pembuangan urin tidak tuntas, dan rasa sakit seperti  terbakar sewaktu buang air kemih. Pada beberapa orang, sering dijumpai rasa sakit sewaktu ejakulasi dan adanya darah di dalam sperma.

Sakit prostat pada pria terjadi kebanyakan pada usia 50 tahun. Penyebab utama belum diketahui secara pasti, namun salah satu faktor resiko adalah genetic. Penyakit kanker prostat menempati urutan kedua setelah kanker paru sebagai penyakit yang perlu diwaspadai pada laki-laki. Sebenarnya kunci penyembuhannya adalah segera diobati agar kanker tidak menjalar, apalagi untuk penderita usia lanjut. Kerugiannya operasi ini mungkin bisa menganggu aktivitas seksual. Meski demikian, kemajuan teknologi memungkinkan untuk mengatasi disfungsi ereksi.

Gejala Sakit Prostat

Tanda-tanda umum sakit prostat adalah :

  1. Sering buang air kecil terutama tengah malam
  2. Terasa sakit ketika kencing atau ejakulasi
  3. Ada darah dalam air kencing atau sperma
  4. Sakit pada bagian punggung bawah pinggul, atau paha.

Tanda-tanda tersebut bisa saja gejala penyakit lain, tetapi sebagian besar penderita kanker prostat mengalaminya saat stadium awal. Faktor kedua, senyawa radikal bebas, terutama yang berasal dari pencemaran lingkungan tanah, air, udara, radiasi matahari, asap kendaraan, yang terus meningkat kualitasnya dan semakin sulit dihindari. Akibatnya, selain terjadi penuaan dini, ada sekitar 50 macam penyakit degenerative, termasuk kanker prostat, diduga dimulai dan diperparah oleh radikal bebas tersebut. Ketiga, faktor hormonal dan usia. Produksi hormone androgen tergantung pada usia. Hormon ini mengendalikan libido, system reproduksi pria dan irama kerja kelenjar prostat dalam memproduksi secret (cairan) yang berperan dalam proses likuifaksi semen/sperma. Dilaporkan bahwa libido yang tidak terkendali dan suka seks bebas  beresiko tinggi terserang keganasan kanker prostat. Satu hal lagi bagi yang ada keturunan penderita kanker prostat, hendaknya ia mewaspadai faktor penyebab lainnya agar faktor resiko genetis semakin kecil.

Cara Mencegah Sakit Prostat

Dibawah ini beberapa hal yang bisa membantu cara mencegah sakit prostat pada pria adalah :

  1. Minumlah air putih 8-12 gelas d alam sehari. Karena air putih akan membantu melancarkan sistem pembuangan air kecil Anda sehingga saluran kemih Anda akan terjaga kesehatannya.
  2. Minumlah jus delima sebagai salah satu asupan tambahan sehari-hari. Selain bisa membantu untuk mencegah, jus delima juga bisa membantu untuk menyembuhkan penyakit kanker prostat. Minumlah sekitar 8.oz jus delima dalam setiap harinya untuk membantu menurunkan resiko penderita penyakit kanker prostat.
  3. Melakukan diet sehat untuk penderita kanker prostat
    Sebaiknya Anda menghindari jenis makanan yang berasal dari daging merah. Karena salah satu penelitian menunjukkan bahwa adanya suatu hubungan yang erat antara mengonsumsi makanan daging merah dengan terjadinya penyakit kanker prostat. Dengan mengonsumsi makanan seperti seral yang berasal dari gandum, oat, dan juga dedak maka bisa membantu untuk mempertahankan asupan protein yang sangat tinggi dan berkualitas baik di dalam tubuh Anda.
  4. Makanlah banyak sayuran
    Mengonsumsi banyak sayuran misalnya adalah dengan makan brokoli, kubis brussel, kol dan juga kembang kol. Selain itu, jenis buah-buahan tertentu yang membantu untuk menurunkan resiko penyakit prostat misalnya adalah seperti buah apel, buah beru, melon serta semangka yang mengandung kandungan fruktosa di dalamnya merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membantu mencegah penyakit kanker prostat. Selain itu, buat tomat juga sudah terbukti dalam membantu mengatasi dan menyembuhkan terjadinya gangguan pada prostat akibat dari kandungan zat lycopene yang ada di dalamnya yang bisa membantu terjadinya penyakit kanker prostat dan membantu mengecilkan ukuran dari penyakit tumor prostat.
  5. Meningkatkan asupan makanan zinc Anda.
    Kelenjar prostat biasanya memanfaatkan seng dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Selain itu, seng bisa membantu melakukan proses perubahan pada metabolisme hormon steroid sehingga akan mengurangi terjadinya pembesaran pada prostat. Mengonsumsi minyak gandum dan juga biji labi yang kaya akan mineral seng sangat baik untuk kesehatan prostat.
  6. Mengonsumsi vitamin yang membantu membuat keadaan prostat menjadi lebih sehat misalnya adalah vitamin D dan juga vitamin E yang merupakan sebagai salah satu zat antioksidan yang membantu menghambat proses pertumbuhan kanker prostat.

=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Prostat and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *