Sakit Prostat

Sakit Prostat – Prostat adalah organ tubuh yang paling sering terkena penyakit pada pria berusia di atas 50 tahun. Satu proses patologis yang paling banyak ditemukan adalah hipertrofi prostat jinak (benign prostatic hypertrophy, BPH). Setidaknya 70% pria berusia 70 tahun mengalami BPH dan 40 % di antaranya mengalami beberapa gejala obtruksi aliran keluar kandung kemih.

Sakit Prostat

Sakit Prostat

Sakit Prostat

Prostatitis merupakan Sakit Prostat yang terjadi peradangan pada kelenjar prostat. Kelenjar prostat ialah kelenjar saluran reproduksi pria yang terletak di antara kandung kemih dan uretra. Fungsi kelenjar prostat ialah memproduksi cairan yang ikut bercampur dalam air mani. Gangguan prostat bahkan dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Sakit prostat dapat menimpa pria dewasa muda usia 30-45 tahun. Gejala sakit prostat berupa rasa tidak enak pada perut bagian bawaha atas selakangan. Penyebabnya dapat berupa kuman, makanan, atau unsur psikologis. Radang ini dapat menahun.

Epidemiologi dan Gejala Sakit Prostat

Usia merupakan faktor untuk BPH. Data menunjukkan bahwa pria ras kulit hitam yang memiliki risiko yang lebih tinggi tampkanya berada pada status sosial ekonomi dan fasilitas kesehatan yang buruk.

BPH akan menyebabkan obstruksi uretra yang cukup berat sehingga memerlukan intervensi medis pada sekitar 30% pria usia lanjut. Yang menarik bahwa ukuran prostat secara keseluruhan tidak berhubungan dengan adanya atau tingkat keparahan obtruksi saluran kemih. Hipertrofi fibromuskular yang terjadi pada BPH dapat menimbulkan denervasi sebagain prostat dan jaringan di sekitarnya yang menyebabkan infeksi uretra dan keluhan frekuensi dan urgensi saat berkemih, inkontinensia urgensi dan nokturia.

Mencegah Sakit Prostat

Hal yang bisa membantu mencegah terjadinya sakit prostat pada pria adalah :

  1. Ejakulasi dengan teratur
    Air semen atau juga air mani yang diproduksi di dalam kelenjar mempunyai fungsi untuk menghasilkan sperma atau air mani yang baik. Pada beberapa pria dengan kasus gangguan penyakit prostat akibat dari jarang berjekaulasi. Saat usia yang masuh muda, ejakulasi biasanya terjadi secara sendiri misalnya saat sedang mimpi basah, namun saat sudah menginjak usia dewasa ejakulasi biasanya bisa terjadi lewat hubungan seksual atau juga melakukan masturbasi yang akan membuat prostat menjadi lebih sehat dan tidak mengalami sumbatan.
  2. Menurunkan kolesterol tinggi
    Di dalam tubuh, kolesterol diubah menjadi hormon testisteron. Dan berdasarkan penelitian atau pengamatan yang dilakukan, jaringan yang terletak di dalam prostat biasnaya bisa mengalami pembesaran atau pembengkakan yang mempunyai kandungan kolesterol yang sangat tinggi sekali di dalamnya. Pada sebagian dokter biasanya mengatakan bahwa pembesaran prostat bisa dikecilkan atau juga bisa dturunkan gejalanya dengan cara meminta pasien untuk menuurunkan tingkat kolesterol yang ada di dalam darah mereka menjadi kadar 200 mg/dl atau kurang.
  3. Mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak
    Untuk mencegah terjadinya sakit prostat maka sebaiknya hindarilah jenis makanan yang mengandung lemak misalnya adalah makanan yang kaya akan daging merah serta produk susu dan juga gorengan. Selain itu, batasilah prosi makanan daging merah, ikan dan ayam yang tidak lebih dari 90 gram dalam seharinya.
  4. Mengonsumsi sayuran yang banyak
    Kandungan kadar hormon pria yang tidak begitu tinggi terjadi pada mereka yang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang rutin. Hal itu mungkin menjelaskan mengapa pembesaran dari prostat atau BPH yang jarang terjadi atau dijumpai pada mereka yang menganut budaya makan buah-buahan dan sayuran.
  5. Jangan kekurangan seng
    Untuk penderita sakit prostat, maka sebaiknya makanlah makanan yang mengandung seng.  Seorang ahlu mengatakan bahwa jumlah dari kadar diet yang dianjurkan adalah mengonsumsi 15 gram seng dalam sehari. Dengan meminum suplemen yang terbuat dari ekstrak seng atau juga dari jenis makanan yang mengandung seng seperti kerang dan ikan hering, kemungkinan makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tumbuhan yang berasal dari padi-padian, biji-bijian atau juga bekatul, susu serta polong-polongan yang mengandung kandungan mineral ini.
  6. Membatasi makanan yang bisa merangsang dan minuman seperti alkohol.
    Makanan makanan tersebut bisa membuat terjadinya iritasi pada kandung kemih dan khususnya jika Anda menderita masalah pembesaran pada prostat. Alkohol juga bisa menimbulkan hal yang tidak baik karena bisa menekan sistem saraf pusat yang membuat otot-otot di dalam tubuh menjadi lemas, dan termasuk salah satunya adalah otot kandung kemih yang akan berakibat membuat urin menjadi tertahan.
  7. Rajin melakukan olahraga
    Tidak ada jenis olahraga yang spesifik yang membantu menjaga kesehatan prostat, namun dengan minum banyak air putih dan melakukan hubungan seksual secara teratur akan membantu mengecilkan dan menurunkan resiko penyebab sakit prostat. Yang jelas adalah banyak dokter yang melakukan pengamatan bahwa pria dengan tubuh yang bugar biasanya jarang mengalami masalah prostat dibandingkan oleh mereka yang lebih banyak memilih duduk.
  8. Janganlah duduk terlalu lama
    Duduk terlalu lama akan membuat prostat mengalami penekanan dengan lebih lama. Jika pekerjaan yang bsia menuntut Anda lebih banyak duduk, maka sebaiknya bangkitlah dan berjalan-jalanlah sebentar untuk membantu menjaga kesehatan prostat Anda.
  9. Jangan menahan kencing
    Jika Anda ingin buang air kecil maka sebaiknya jajngan menahannya selama mungkin. Hal ini akan membuat prostat Anda mengalami gangguan dan bisa berakibat fatal.

Sakit Prostat


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Prostat and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.